https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa | Puji Nugraheni | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa

Indarwati Rohana, Puji Nugraheni

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay khususnya pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 15 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIB SMP Negeri 15 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Instrumen penelitian ini adalah lembar tes evaluasi dan lembar observasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan rumus rerata dan persentase. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari 62,50% pada siklus I menjadi 81,25% pada siklus II. Penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran khususnya materi bangun ruang sisi datar menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan setelah dilaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay yaitu dari 50,00% pada siklus I menjadi 84,37%  pada siklus II, dan juga rerata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu dari 68,28 pada siklus I menjadi 73,34 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 15 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 khususnya pada materi bangun ruang sisi datar.

 

Kata kunci: kooperatif, keaktifan, Course Review Horay


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i1.972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.